Minggu, 24 Maret 2013

Rangkain Power Supplay

Rangkain Power Supplay

Perangkat elektronik harus didukung oleh suplai langsung arus DC (arus searah) yang stabil agar dapat bekerja dengan baik. Baterai atau baterai adalah sumber catu daya DC yang terbaik. Tapi untuk aplikasi yang membutuhkan catu daya lebih besar, sumber dari baterai tidak cukup. Sumber pasokan listrik adalah sumber bolak AC (alternating current) dari pembangkit listrik. Hal ini memerlukan perangkat catu daya yang dapat mengubah AC menjadi arus DC.

Rangkaian Daya Supplay

Sekarang tidak perlu upaya lain untuk membuat supplay Power baik Anda tidak perlu mencari op-amp, transistor dan komponen lainnya, karena sirkuit ini dikemas menjadi tegangan regulator IC tunggal tetap. Saat ini sudah banyak diakui sebagai komponen regulator seri 78XX tegangan positif tetap dan seri 79XX adalah regulator tegangan tetap negatif. Bahkan komponen ini biasanya sudah dilengkapi dengan pembatas arus (limiter saat ini) dan juga membatasi suhu (thermal shutdown). Komponen ini hanya tiga pin, dan dengan menambahkan beberapa komponen saja bisa menjadi serangkaian regulasi power supply yang baik.


Hanya saja untuk dicatat bahwa regulator IC sirkuit yang bisa bekerja, tegangan input harus lebih besar dari tegangan output regulator. Biasanya perbedaan tegangan Vin terhadap VM yang dianjurkan adalah dalam datasheet komponen. Penggunaan heatshink (Aluminium pendingin) dianjurkan jika komponen ini digunakan untuk memasok arus besar. Dalam datasheet, komponen ini dapat melewati arus maksimum mencapai 1 A.

Writer : Bambang Tri Hatmoko 

1 komentar:

  1. Why the online gambling industry is so saturated, why it's
    It is a problem when you're trying to 청주 출장안마 make 전라남도 출장마사지 money 전라북도 출장샵 gambling online,” 성남 출장마사지 said Jeff Zilinski, CEO of the National Park Foundation. 진주 출장마사지

    BalasHapus