Sabtu, 23 Maret 2013

Rangkaian Radio/intercom 3V FM Transmitter


 Rangkaian Radio/intercom 3V FM Transmitter

Ini pemancar FM 3V adalah tentang pemancar sederhana dan paling dasar untuk membangun dan memiliki jangkauan transmisi yang berguna. Hal ini mengejutkan kuat meskipun jumlah komponen yang kecil dan tegangan operasi 3V. Ini akan dengan mudah menembus lebih dari tiga lantai sebuah gedung apartemen dan pergi lebih dari 300 meter di udara terbuka.

      Skema Rangkaian 3V FM transmitter


Rangkaian ini pada dasarnya frekuensi radio (RF) osilator yang beroperasi di sekitar 100 MHz. Audio dijemput andamplified oleh mikrofon electret dimasukkan ke tahap penguat audio dibangun di sekitar transistor pertama. Output dari kolektor dimasukkan ke dalam basis transistor kedua dimana itu memodulasi frekuensi resonansi dari rangkaian tangki (yang 5 gilirannya koil dan trimcap) dengan memvariasikan kapasitansi junction transistor. Kapasitansi Junction adalah fungsi dari perbedaan potensial diterapkan pada basis transistor. Rangkaian tangki terhubung di Tempat Colpitts pemancar sekitar 10 meter dari radio FM. Mengatur radio ke suatu tempat sekitar 89-90 MHz. Berjalan kembali tothe pemancar FM dan menyalakannya. Sebarkan gulungan kumparan terpisah oleh sekitar 1mm dari satu sama lain. Coilwinding ada harus menyentuh lain berliku. Gunakan obeng kecil untuk menyempurnakan topi trim. Lepaskan screwdriverfrom yang sekrup trim setelah penyesuaian setiap sehingga sirkuit LC tidak terpengaruh oleh capicitance liar. Atau gunakan plasticscrewdriver a. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan frekuensi transmisi kemudian memiliki lagu orang kedua up dan dial downthe FM setelah penyesuaian setiap. Satu putaran penuh dari topi merapi akan mencakup rentang penuh dari kapasitansi dari 6PF sampai 45pF. Lagu-lagu band yang biasa FM di lebih dari sepersepuluh dari berbagai macam tutup tuning.

Jadi yang terbaik adalah untuk menyesuaikan dalam langkah 5 sampai 10 derajat di tiap giliran. Jadi tala membutuhkan sedikit kesabaran, tetapi tidak sulit. Alasan bahwa harus ada setidaknya 10 ft pemisahan antara radio dan pemancar FM adalah bahwa pemancar FM memancarkan harmonik, tidak hanya memancarkan pada satu frekuensi tetapi pada frekuensi yang berbeda dekat satu sama lain. Anda harus memiliki sedikit kesulitan dalam menemukan frekuensi Tx ketika Anda mengikuti prosedur ini.


writer : Bambang Tri Hatmoko
school of communications
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar